06/11/2025
Followers masih ratusan & diminta jadi narasumber tapi masih merasa pemula? Apa bisaaaa? ✨
[ SAVE & SHARE ]
Inilah 5 poin yang wajib kamu lakuin kalau diminta menjadi narasumber:
✅ Tanyakan terlebih dahulu;
Kepada pihak event / seseorang yang memberikan kepercayaan kepada kamu sebagai narasumber yaitu topik apa yang akan disharingkan, usia audience, jumlah audience, perlu power point atau tidak, ada sesi tanya jawab / cuman sharing aja / tanya jawab sekaligus praktik
✅ Persiapkan materi & outfit terbaik kamu
Usahan slide 1 judul, slide ke 2 kenalkan diri temen-temen. Mulai pendidikan, pernah magang / kerja dimana, ikut komunitas apa, prestasi apa aja yang pernah temen” raih. Lalu slide berikutnya siapkan materi-materi yang akan kamu bahas. Supaya materi gak bosen usahakan main warna dan gambar yaa. Jangan lupa di slide terakhir cantumkan kesimpulan & motivasi. Dan pastinya selain materi, pilihlah outfit ternyaman, dan terbaik supaya kamu makin pede
✅ Latihan di depan cermin & siapkan poin penting
Usahakan latihan presentasi & lakukan tanya jawab seakan-akan kamu menjadi audience yaa. Tanyakan dengan lantang jangan dipendem / bertanya dalam hati okey. Cukup memendam kamu cinta sma doi ajaaahh hihi. Usahakan juga buat poin-poin penting saat kamu mau melakukan presentasi. Fungsinya untuk antisipasi ketika kamu blank / lupa, apalagi ketemu sama banyak orang yang belum dikenal
✅ Senyum, Sapa, Salam
Saat kamu sudah sampai lokasi. Usahakan slalu senyum sama orang” sekitar yaa. Hal ini melatih diri mu supaya sedikit rileks sebelum memaparkan materi di atas panggung. Ajak ngobrol kepada audience. Kalaupun temen” masih merasa kurang nyaman. Bisa minta tolong kepada MC agar MC ikut membantu temen” 🥰
✅ Followers masih ratusan. Pengalaman masih belum banyak gapapa ambil aja 🥰
Slama niat kita positif, sharing bareng temen” gpp. Setiap dari individu pasti punya kelebihan & kekurangan masing”. Kesempatan tidak datang kedua kali. Usahakan slalu jadi manusia pembelajar, slalu jadi versi terbaik dari diri kamu sebelumnya. Semangaatt!!! 😎